IKATAN AHLI BANDAR UDARA
INDONESIA

Menteri Rini Pantau Pengembangan Transportasi Udara di Selatan Jawa

2017-1-11

Menteri BUMN Rini Soemarno akan melihat potensi maskapai Garuda Indonesia-termasuk Citilink untuk mendukung pengembangan transportasi udara di wilayah selatan Jawa, untuk konektivitas antar daerah yang jaraknya 300 kilometer.

"Kita sedang melihat Garuda Indonesia secara total ada Citilink. Kami melihat bahwa di Indonesia banyak bandara yang landasannya pendek hanya 1.000 sampai 1.200 meter," kata Rini Soemarno kepada wartawan di sela acara Peresmian Rumah Kreatif BUMN Surabaya di Jalan Khairil Anwar, Surabaya, Rabu (11/1/2017).

Ia mengatakan, banyak daerah khususnya di wilayah selatan Jawa, yang konektivitasnya masih lebih rendah dibandingkan dengan daerah pantai utara (pantura) dan tengah.

"Kami melihat daerah-daerah ini perlu konektivitas. Jadi kalau kita lihat di daerah selatan Jawa, konektivitasnya masih sangat lemah," ujarnya.

"Kalau kita lihat jalan tol di tengah dan utara. Kami melihat bagaimana konektivitas di selatan," tuturnya.

Rini mengatakan, pihaknya akan melihat daerah-daerah mana saja yang berpotensi untuk mengembangkan konektivitas di jalur transportasi udara.

"Kita lihat apakah (di selatan Jawa) bisa dipermudah mungkin dengan pesawat ATR, pesawat baling-baling. Jadi jarak antara kota antar daerah 300 kilometer kita hubungkan dengan pesawat kecil," tandasnya

IABI Office

Indulexco Building
Jl. Abdul Muis No. 42
Jakarta Pusat - 10160
Phone
021-2120 2669
Email
contact@iabi.or.id

© 2018
Ikatan Ahli Bandar Udara
INDONESIA

Follow us on